Memberikan sebuah untaian rayuan kepada sang gebetan contohnya Kata kata, Puisi, Pantun, Ucapan, Teka teki, Contoh, Wisata, Keuangan, Travel, Kesehatan, Otomotif, Tekhnologi dan banyak lainnya

Ingin Bangun Rumah, 4 Hal Ini Musti Diperhatikan

Anda sudah punya budget yang cukup untuk membangun rumah? Atau malahan sudah punya tanah sejak lama? Dan sekarang sedang bersiap untuk membangun sebuah rumah idaman? Kalau begitu, jangan ragu untuk memulai. Hanya saja, ada beberapa hal yang musti mendapatkan perhatian penting dari Anda, sebelum proses pembangunan rumah tersebut dimulai.

Ingin Bangun Rumah, 4 Hal Ini Musti Diperhatikan


Karena, bangun rumah itu bukan perkara yang murah harganya. Juga, bukan perkara yang bisa disiapkan tanpa persiapan yang cukup. Untuk itu, Anda musti mempertimbangkan banyak hal untuk siap membangun rumah impian. Apa saja yang perlu disiapkan dan diperhatikan sebelum membangun rumah idaman? Simak ulasan berikut ini.

1. Budgeting
Anda tahu dengan pasti, bahwa persiapan untuk membangun sebuah rumah butuh uang yang tidak bisa dikatakan kecil. Kita anggap saja Anda sudah punya tanah, dan sekarang sedang akan membangun rumah. Rumah yang akan Anda bangun anggap saja berukuran sangat kecil, 6x6 meter.

Untuk membangun rumah tipe 36 itu saja, setidaknya Anda membutuhkan dana minimal sekitar Rp 30 jutaan, bila ditotalkan material dan upah tukang. Apabila belum punya tanah, maka harga yang akan Anda bayar tentu menjadi dua kali lipat. Apalagi, bila Anda berencana untuk membangun yang lebih besar, lengkap dengan pagar dan lain-lain. Jumlah yang disebut di atas, masih sebatas rumah saja, tanpa pagar dan lain-lain di luar rumah.

Untuk itu, sangat dibutuhkan perencanaan keuangan yang matang. Selisih seratus - dua ratus ribu juga harus dipertimbangkan dengan matang. Jangan lupa, sisihkan sekitar 10 persen dari total biaya yang diperlukan untuk jaga-jaga. Akan lebih baik bila Anda berkonsultasi dengan ahlinya, atau yang sudah berpengalaman sebelum melakukan perencanaan keuangan.

2. Denah Rumah
Setelah keuangan diatur dengan rapi, sekarang persiapkan denah rumah. Ada banyak contoh denah rumah berbagai tipe di search engine seperti Google, loh. Anda bisa mencari yang sesuai dengan kebutuhan Anda, juga sesuai dengan budget yang dimiliki.

Dengan adanya denah, Anda juga sudah mempertimbangkan bentuk rumah Anda nantinya. Denah juga menjadikan pembangunan rumah Anda menjadi terarah bentuknya. Selain itu, denah menjadikan pengaturan keuangan menjadi tepat sasaran. Kalau ada budget berlebih, Anda bisa menyewa arsitek untuk urusan yang satu ini.

3. Pekerja profesional
Ada tiga jenis pekerja atau tukang bangunan. Pertama ada yang tipe harian, yang digaji per hari. Ada yang tipe borongan, bisa dibayar perbulan, juga ada yang dibayar per meter persegi. Agar lebih hemat dan bisa cepat selesai, Anda bisa menggunakan borongan per meter persegi. Dengan demikian, pekerja akan mengerjakan dengan semaksimal mungkin, karena mereka akan mendapat bayaran per meter persegi yang selesai. Biasanya, upah minimal untuk borongan tipe ini adalah Rp 600 ribu hingga Rp 800 ribu per meter persegi.

Ingat, pekerja yang Anda pilih musti pekerja yang memiliki ketelitian, juga ketepatan. Pekerja yang profesional sangat dianjurkan, agar pekerjaannya lebih rapi dan rumah Anda lebih kuat. Bila Anda sempat, maka lakukan pengawasan terhadap pembangunan tersebut agar menjadi lebih terarah dan pekerja tidak main-main mengerjakan proyek tersebut.

4. Material berkualitas
Nah ini terpenting, meski diletak belakangan. Material berkualitas menjadikan rumah Anda tentunya berkualitas. Kualitas bangunan tentunya sangat tergantung dari kualitas material bangunannya. Jangan takut untuk berkonsultasi dengan pakar atau orang yang sudah berpengalaman di bidang material. Bisa Anda mencari yang termurah, dengan cara membandingkan harga dari satu toko ke toko yang lain. Tapi, hindari membeli yang murah. Bahkan untuk cat sekalipun, jangan beli yang murah.

Bahan material yang murah hanya akan menjadikan bangunan Anda menjadi lebih mudah rusak. Toh, Anda akan mengeluarkan uang lagi untuk memperbaikinya, bukan? Apabila keempat hal itu sudah Anda persiapkan dengan baik, maka jangan ragu untuk mulai pembangunan rumah Anda. Ingin rumah impian? Tentunya, empat hal tadi dipersiapkan dengan matang, yah. 

Ingin Bangun Rumah, 4 Hal Ini Musti Diperhatikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown